Kirim Artikel

Amanat Institute akan memuat artikel-artikel ringan yang hanya butuh waktu berpikir sekitar beberapa menit saja untuk menuliskannya. Panjang tulisan opini sekitar 600-1.000 kata. Kemudian untuk Curhat Politik panjang tulisan sekitar 100-250 kata.

Kami hanya menerima kiriman tulisan dari pembaca yang bersakut paut dengan situasi politik, kebijakan publik, dan anak muda. Bahkan jika memuat politik & anak muda dalam satu tulisan akan menjadi nilai plus.

Opini

Kolom opini akan berisi berbagai pandangan dari penulis yang berisi seputar perspektif akan perkembangan situasi sosial-politik, kebijakan publik, dan anak muda saat ini. Ingat, seluruh Opini tidak diperkenankan memuat unsur SARA dan menyerang personal politisi atau pejabat tertentu. Akan tayang tiga kali dalam seminggu.

Curhat Politik

Tulisan berupa respon singkat untuk menuangkan kegelisahan dan rasa penasaran akan perkembangan situasi politik dalam negeri. Eits tapi curhatan juga tidak diperbolehkan mengandung unsur SARA dan menyerang personal politisi atau pejabat tertentu.

Ketentuan

Berminat untuk mengirimkan artikel berupa opini atau curhat politik? Berikut syarat dan ketentuannya. (Silakan membaca ketentuan terlebih dahulu, kami akan memilah naskah dan menerbitkannya jika memenuhi ketentuan pengiriman).

Kontributor bisa mengirimkan tulisannya dalam bentuk word/pdf yang terlampir dalam berkas e-mail dan dikirimkan ke e-mail (redaksi@amanatinstitute.id) dengan Subject: Nama_Kategori Artikel_Judul Artikel

Contoh:

(Joko_Opini_Indonesia Maju) untuk kategori artikel “Opini”
(Wahid_Curhat Politik_Kok Repot) untuk kategori artikel “Curhat Politik”

Selain tulisan, kontributor wajib untuk menyampaikan KTP dan Biodata bersamaan dengan
tulisan dalam berkas yang dilampirkan di e-mail.

Khusus bagi penulis kolom opini mohon disertakan dengan nomor rekening. Tim Amanat Institute akan memberikan honorarium sebagai apresiasi bagi kontributor yang telah menyumbangkan ide dan pemikirannya.

Semua tulisan yang masuk tetap menjadi hak milik kontributor. Jika tulisan layak muat, kami akan segera menghubungi yang bersangkutan melalui e-mail yang telah dikirim sebelumnya.

Jika tulisan memenuhi syarat dan dimuat di Amanat Institute, khusus untuk kolom opini, maka kontributor berhak mendapatkan honorarium yang akan diberitahukan lebih lanjut kepada kontributor setelah artikel tayang.

Tulisan yang telah dimuat di Amanat Institute tidak boleh diterbitkan ulang di tempat atau media lainnya. Pastikan bahwa tulisan kamu bukan hasil dari plagiasi, belum pernah dipublikasikan di tempat lain, serta tidak melanggar hak cipta.

Jika setelah satu minggu (7 hari) setelah mengirimkan e-mail karya yang dikirimkan belum mendapat balasan dari kami, berarti tulisan tidak memenuhi syarat dan ketentuan Amanat Institute. Penulis berhak untuk mengirimkan tulisannya ke media lain.

Salam Gagas Nyala Daya Setara!
Opini mu turut membangun Indonesia!